Komik Terpopuler Dari Tahun 90’an Hingga Kini. Mana Komik Favoritmu?

komik one piece

Komik atau comic adalah bagian dari jenis ilustrasi. Ilutrasi ini berisi tentang penggambaran suatu peristiwa disertai dengan percakapan singkat yang saling berkaitan.

Gambar ilustrasi dalam bentuk comic atau cerita bergambar, terdiri atas rangkaian gambar yang diberi teks kemudian saling melengkapi dan memiliki alur cerita.

Ceritanya yang beragam dan ringan membuat comic kian digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, banyak orang yang mengoleksi komik berseri dan berbagai jenis judul.

Comic disukai karena menampilkan lebih banyak visual atau gambar dan sedikit teks dalam sebuah scene atau adegan.  Komik dapat digunakan sebagai teman ketika merasa sepi, atau pada saat menunggu, maka comic dapat dijadikan teman setia yang dapat menjadikan waktu menunggu tidak akan terasa lama.

Seiring perkembangan teknologi informasi, membuat perubahan dalam beberapa jenis comic. Komik yang dahulunya dicetak kini tidak perlu lagi, karena sudah ada komik online yang bisa didownload gratis dan ada pula akun-akun instagram yang menyuguhkan cerita komik.

Meskipun demikian, Kamu masih bisa menemukan komik-komik yang dicetak seperti potongan comic dalam koran, buku, dan lain-lain.

Namun, pada dasarnya komik mempunyai hal-hal yang sama. Bentuk nya yang kian beragam yang membuat nya lebih simpel, efektif dan efisien. Untuk lebih jelas mari kita bahas hal-hal yang berkaitan dengan comic.

Sejarah Komik

sejarah komik

Pada perkembangannya, sebenarnya tidak ada yang tahu secara pasti kapan komik ini pertama kali muncul. Karena diduga awal mula comic telah ada dari beberapa ratus tahun lalu melalui lukisan dinding di goa-goa baik itu Mesir, Yunani dan peradaban lainnya.

Setelah beratus-ratus tahun peradaban manusia, comic lahir secara beragam. Pada 1873, komikus kebangsaan Swiss, Rudolphe Topffer mengklaim komiknya yang berjudul “The Adventures of Obadiah Oldbuck” sebagai komik pertama di Eropa, bahkan dunia.

Pada 1884, komik karya Ally Sloper berjudul “Half Holiday” dipublikasikan dan dianggap sebagai comic strip majalah pertama di dunia.

Kemudian pada 1895, lahir terobosan baru di dunia komik, yakni kemunculan komik berseri dengan tokoh tetap. Komik berjudul “Hogan’s Alley” itu dibuat oleh Richard Felton Outcault dan dianggap sebagai awal bangkitnya komik di Amerika.

Pada 1895, R. F. Outcault meluncurkan buku comic dan dianggap sebagai yang pertama di dunia. Buku yang berjudul “The Yellow Kid” itu menjadi titik tolak comic modern dunia.

Selanjutnya komik memasuki masa-masa keemasan pada tahun 1930-an. Saat itu, muncul karakter komik seperti Flash Gordon, Dick Tracy, Tarzan, Superman, Batman, hingga Captain Marvel. Dari situ, mulai menyebarlah semangat membuat comic.

Sebagaimana telah kami bahas sebelumnya, sejarah komik Indonesia dimulai sejak kehadiran comic strip Put On pada harian Sin Po sekitar tahun 1930an, kemudian hingga hari ini para komikus Indonesia bergantian lahir dan mengisi jagad perkomikan tanah air.

Kali ini kami akan mencoba membahas perkembangan comic Indonesia, dari sejak lahirnya Put On hingga sekarang, yang terbagi ke dalam 5 periode.

Periode 1930

sejarah komik

Pada awal kelahirannya, komik Indonesia lebih banyak hadir dalam bentuk comic strip di berbagai surat kabar. Komik-komik karya komikus tanah air ketika itu dapat juga ditemukan pada surat kabar Belanda seperti De Java Bode dan D’orient, bersanding bersama komik luar seperti Flippie Flink dan Flash Gordon.

Put On adalah karakter pertama komik Indonesia yang merupakan karya Kho Wan Gie dan dimuat dalam harian Sin Po.

Selain comic Put On, di Solo hadir pula comic Mentjari Poetri Hidjaoe yang merupakan karya Nasroen A.S. dan diterbitkan oleh mingguan Ratu Timur.

Periode 1940-50’an

sejarah komik

Pada akhir 1940an, banyak comic strip Amerika yang dibukukan oleh penerbit lokal. Comic strip tersebut sebelumnya telah rutin muncul sebagai suplemen mingguan surat kabar tanah air.

Saat comic Amerika membanjir itulah, Siaw Tik Kwei kemudian hadir dengan comic yang berhasil mengalahkan popularitas Tarzan di kalangan pembaca lokal.

Diadaptasi dari legenda Tiongkok, tokoh utama comic tersebut adalah Sie Djin Koei.

Kepopuleran comic Amerika ketika itu kemudian menginspirasi R.A. Kosasih untuk membuat sendiri karakter superhero ala Indonesia.

Lalu lahirlah Sri Asih, karakter comic yang merupakan adaptasi dari Wonder Woman. R.A. Kosasih kemudian dikenal sebagai Bapak Comic Indonesia dan karyanya menginspirasi lahirnya karakter superhero kreasi comicus lokal lainnya, seperti Siti Gahara, Puteri Bintang dan Garuda Putih.

Selain karakter superhero, awal tahun 1950-an menandai kelahiran pertama buku comic Indonesia. Adalah Abdulsalam, salah satu pionir comic tanah air yang membuat comic strip perjuangan dengan judul Kisah Pendudukan Jogja.

Comic strip Abdulsalam tersebut terbit di harian Kedaulatan Rakyat hingga akhirnya dibukukan oleh harian Pikiran Rakyat. Comic Kisah Pendudukan Jogja bercerita tentang agresi militer Belanda ke kota Yogyakarta.

Periode 1960-70an

sejarah komik

Periode ini diakui banyak orang sebagai era kejayaan comic Indonesia. Banyak comicus berbakat lahir untuk kemudian menghasilkan karya yang melegenda.

Si Buta Dari Gua Hantu (Ganes TH), serial Mahabharata (R.A. Kosasih), Gundala Putra Petir (Hasmi), Godam (Wid NS), Panji Tengkorak (Hans Jadalara), Jaka Sembung (Djair), Rio Purbaya (Jan Mintaraga) adalah sebagian dari karakter comic yang popular pada masa itu.

Ada 3 tema besar pada periode ini; romance (dimotori Jan Mintaraga), silat (dimotori Ganesh TH) dan superhero (dimotori Hasmi dan Wid NS).

Dalam membuat karakter superhero, pengaruh comic Amerika dapat terlihat pada tokoh-tokoh comic yang hadir. Namun gaya Amerika yang dipadu dengan cerita dan nuansa lokal, membuat komik-komik karya comicus lokal digandrungi masyarakat.

Comic Si Buta dari Gua Hantu dan Panji Tengkorak yang diangkat ke layar lebar, berturut-turut pada tahun 1970 dan 1971, semakin mempertegas kejayaan comic Indonesia ketika itu.

Periode 1980an

sejarah komik

Pada tahun 1980an jagad comic Indonesia memasuki masa suram. Serbuan comic Jepang, Hong Kong dan Eropa (setelah sebelumnya comic Amerika bersaing dengan comic lokal) serta berkurangnya karya comicus Indonesia yang diterbitkan, disebut-sebut sebagai beberapa alasan kemunduran yang terjadi.

Kalah bersaing di toko-toko buku, membuat para comicus tanah air ‘bergerilya’ melalui comic strip dan karikatur di harian nasional. Salah satu comic strip yang cukup fenomenal masa itu dan masih setia hadir hingga hari ini adalah Panji Koming (Dwi Koen).

Namun di tengah kelesuan dan masa suram tersebut, masih ada comicus yang berhasil menembus pasar comic Indonesia, menjual buku-buku comic nya tidak lewat penerbit besar atau toko buku tapi lewat pedagang mainan anak-anak keliling.

Comicus tersebut adalah Tatang S. dengan komik-komik punakawan tumaritisnya (Petruk, Gareng, Bagong) yang dipadu tokoh-tokoh superhero luar negeri, menghasilkan karakter seperti Megaloman Tumaritis, Batman Tumaritis, Spiderman Tumaritis dan sejenisnya.

Periode 1990-2000an

sejarah komik

Pasca reformasi, dengan dibukanya keran informasi sebebas-bebasnya, dunia komik Indonesia kembali menggeliat berusaha bangkit.

Penerbit besar seperti Gramedia (dengan bendera Elex Media Komputindo) pun mulai mencoba menerbitkan karya comicus lokal, seperti comic Imperium Majapahit karya Jan Mintaraga.

Kemudian Mizan Comic juga menerbitkan Legenda Sawung Kampret karya Dwi Koen. Setelahnya karya-karya baru comicus lokal kembali bermunculan mencoba merebut pasar comic Indonesia.

Selain berjuang lewat penerbitan, para comicus tanah air juga berjuang membangkitkan kembali comic Indonesia lewat forum-forum dan komunitas-komunitas comic yang mulai tumbuh menjamur.

Forum dan komunitas ini menjadi wadah bagi para comicus untuk mulai mengaktualisasi diri dan berkarya. Dalam forum dan komunitas inilah lalu para comicus mulai menjaring pembaca dan peminat comic.

Tak jarang juga mereka menemukan sponsor yang bersedia mendanai penerbitan buku comic mereka.

Dan kini dengan akan diangkatnya kembali Gundala Putra Petir ke layar lebar (rencana tayang 2016), semoga jagad comic Indonesia dapat kembali berkibar, seperti periode keemasan nya dahulu.

Pengertian Komik

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks.

Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.”

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komik adalah cerita bergambar (di majalah, surat kabar, atau berbentuk buku) yg umumnya mudah dicerna dan lucu.

Maka dapat disimpulkan bahwa komik adalah cerita yang dijelaskan atau diterangkan dengan sebuah gambar dan percakapan singkat dengan ciri khas sebuah gelembung-gelembung atau balon udara.

Selain itu, comic mampu membantu para pembacanya untuk menghilangkan rasa bosan, dapat memunculkan imajinasi setiap para pembacanya, kemudian juga hanya menunjukan sedikit bacaan, sehingga tidak memakan banyak waktu dalam memabacanya.

Adapun beberapa pengertian komik menurut para Ahli yakni:

  1. Franz & Meier (1994), Komik adalah cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata.
  2. McCloud (2002) memberikan pengertian tentang komik yang antara lain sebagai “gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi dalam urutan tertentu untuk menyampaikan informasi dan atau mencapai tanggapan estetis dari pembaca”.
  3. Hurlock (1978), komik dapat memberikan model yang dapat digunakan untuk mengembangkan kepribadian anak. Sebagaimana halnya genre sastra anak yang lain, komik pun dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi, sarana untuk menyampaikan cerita, pesan, dan bahkan sampai pada hal-hal yang berbau ilmiah sekalipun.
  4. Menurut Sudjana dan Rifai (2011), komik dapat dipergunakan sebagai bahan ajar berupa komik. Komik dapat dijadikan bahan ajar karena dapat mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa.

Ciri-ciri Komik

Comic cenderung memiliki gambar yang banyak, namun biasanya memiliki cerita yang cukup singkat sehingga hal ini tidak akan memunculkan kebosanan bagi para pembacanya .

Hampir sama dengan buku bacaan lainnya, baik fiksi maupun non fiksi yang menyampaikan sebuah cerita, comic pun demikian.

Namun, perbedaaaannya jika bacaaan fiksi dan nonfiksi hanya menyampaikan melalui teks verbal. Comic menyampaikan ceritanya melalui teks verbal dan non verbal atau sebuah tulisan dan gambar sekaligus.

Sehingga setiap orang yang membaca dapat berimajinasi, dan hubungan antara teks verbal dan nonverbal dalam comic tidak dapat dipisahkan agar tidak kehilangan nyawa dari sebuah cerita.

Begitupun, sebuah pesan yang ingin disampaikan, diungkapkan dalam gambar dan teks. Sehingga gambara diurutkan agar dapat saling berhubungan.

Maka, untuk lebih memudahkan perbedaan comic dengan buku bacaan lain. Berikut adalah ciri-ciri sebuah comic, antara lain.

Bersifat Proposional

Komik bisa membuat pembaca terlibat dan terhanyut secara emosional dalam alur cerita. Pembaca pula merasa layaknya berperan dan terlibat pada setiap scene dan konflik dalam comic menjadi pelaku utama.

Humor yang kasar

Bahasa yang digunakan seringkali menyajikan sebuah humor yang memudahkan orang untuk memahami maksud dari comic, karena humor tersebut sering ada di kalangan masyarakat.

Bahasa Percakapan

Agar lebih mempermudah seseorang untuk berimajinasi, maka biasanya comic menggunakan bahasa percakapan sehari-hari. Tak hanya itu, bahasa dapat mempengaruhi kemudahan pemahaman pembaca.

Perilaku yang Menggambarkan Watak, Moral atau Jiwa Pelaku

Penggambaran komik digambarkan secara sederhana, ini agar pembaca mudah mengertik watak, karakteristik tokoh-tokoh yang ada pada comic. Sehingga, kita mudah menerka setiap sifat dari karakter.

Bersifat Kepahlawanan

Comic pula selalu menunjukan sisi pahlawan atau membuat seseorang mengidolakan sosok pahlawan dalam tokoh, dan cenderung mendorong pembaca memiliki rasa dan sikap kepahlawanan layaknya tokoh dalam comic

Jenis-jenis Komik

Seiring perkembangannya, comic kini mempunyai jenis yang beragam. Didukung dekang perkembangan teknologi, maka comic kian meluas dengan berbagai bentuk dan versi. Berikut adalah jenis jenis komik, diantaranya.

Komik Berdasar Jenis Cerita

Dalam pembagian komik berdasarkan jenis cerita terbagi menjadi empat macam, yakni  :

Komik Edukasi

Fungsi dalam comic edukasi terbagi dalam dua bagian. Pertama adalah fungsi untuk menghibur anak-anak saat belajar.

Kedua, dapat dimanfaatkan langsung maupun tak langsung untuk bidang edukasi. Bahasan pada comic semakin dapat menunjukan nilai komersial dan nilai edukatif yang biasa dibawanya.

Komik Promosi (Iklan)

Komik kini dimanfaatkaan pula dalam promosi. Visualisasi comic promosi biasanya dalam menggunakan karakter super hero yang cocok bagi anak-anak.

Komik Wayang

Seperti namanya, Komik wayang berarti comic yang bercerita tentang cerita wayang. Misalnya kisah perang besar antara Kurawa dan Pandawa dalam Mahabharata, ataupun cerita Ramayana yang bercerita tentang penculikan Dewi Shinta.

Di Indonesia comic wayang muncul di tahun 60-70-an, seperti komik Lahirnya Gatotkatja (Keng Po), Raden Palasara karya Johnlo, Mahabharata karya R.A Kosasih yang sangat terkena, dan masih banyak lagi.

Komik Silat

Comic ini mengandung unsur laga dan didominasi oleh scene pertarungan, yang sampai saat ini masih banyak sigemari oleh pecinta comic. Misalnya komik Jepang dengan tema ninja dan samurai atau China dengan tema kungfu.

Berdasar Segi Bentuk Penampilan atau Kemasan

Sedangkan, berdasarkan dari segi bentuk penampilan atau kemasan, comic dapat dibedakan menjadi tiga, diantaranya.

Komik strip (comic strip)

Komik ini hanya terdiri dari beberapa bagian atau panel-panel gambar. Dalam comic gambarnya pun hanya sedikit, dan gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak,

Biasanya hanya mengangkat satu fokus pembicaraan, seperti tanggapan terhadap berbagai peristiwa dan isu-isu mutakhir. Comic strip dapat ditemukan dalam majalah anak dan surat kabar atau koran.

Komik buku

Comic ini dijadikan kedalam bentuk buku, umumnya cerita lebih panjang. Namun tetap menceritakan satu tema dan cerita yang utuh. Comic buku biasanya memiliki berseri atau beredisi, dan satu judul buku komik sering memiliki berpuluh seri dan berkelanjutan.

Buku komik sering disebut sebagai comic cerita pendek, yang biasanya di dalam komik ini berisikan 32 halaman tetapi ada juga komik yang berisi 48 halaman dan 64 halaman.

Komik humor dan petualangan

Comic yang mengandung unsur humor atau petualangan sangat digemari oleh anak-anak. Seperti namanya Comic humor ini kerap mengangkat tema yang lucu yang bertujuan untuk membuat para pembaca tertawa.

Sedangkan comic petualangan mngandung unsur mencari, mengejar, memperjuangkan sesuatu dan aksi-aksi lain dalam petualangan tokohnya.

Komik biografi dan komik ilmiah

Comic biografi yakni menceritakan sebuah kisah perjalanan hidup seorang tokoh. Comic ini berkaitan dengan aspek lain, sesuai dengan tokoh yang dipilih. Misalnya, aspek sejarah, seni, religius, dan lain-lain.

Comic ilmiah merupakan perpaduan antara narasi dan comic, dalam comic ilmiah sring mengangkat tema proses penemuan dan barang temuannya.

Contoh buku campuran narasi dan comic dalam seri penemuan yang dimaksud antara lain penemuan telepon, penemuan televisi, dan lain-lain.

Komik Online (Web Online)

Selain media cetak, adapula media online. Dengan adanya media Internet jangkauan pembacanya bisa lebih luas daripada media cetak. Komik Online lebih menguntungkan daripada komik media cetak, karena dengan biaya yang sangat relatif lebih murah kita bisa menyebar luaskan komik yang bisa dibaca siapa saja.

Comic Kartun/ Karikatur

Dimana komik yang isinya hanya berupa satu tampilan, komik ini didalamnya berisi beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan- tulisan.

Tujuan komik ini biasanya mengandung unsur kritikan, sindiran, dan humor. Sehingga dari gambar(kartun/tokoh) dan tulisan tersebut mampu memberikan sebuah arti yang jelas.

Komik yang populer tentunya tak lepas dari perusahan penerbit, baik dari kualitas komik yang dihasilkan ataupun strategi pasar yang mampu menarik perhatian konsumen.

Dari sebuah cerita komik pun, dapat diangkat menjadi sebuah film layar lebar, ini dikareankan alurnya yang menarik dan juga mampu menampilkan cerita dalam bentuk aksi nyata.

Penerbit Komik Terkenal

Dalam bahasan kali ini berikut beberapa perusahaan yang menerbitkan komik, diantaranya.

Marvel

komik marvel

Tahukah Anda ? Marvel pertama kali didirikan dengan nama “Timely Publications” oleh Martin Goodman yang berkantor di New York pada tahun 1939, kemudian tahun 1950 berganti nama menjadi “Atlas Comics”, sebelum akhirnya menjadi Marvel Comics pada tahun 1961.

Marvel Comics atau Marvel Worldwide Inc. sebelumnya Marvel Publishing Inc. dan Marvel Comics Group adalah nama suatu perusahaan dari Amerika Serikat yang memproduksi buku komik dan media lain yang berkaitan.

Dengan beberapa karakter-karakter komik populer seperti Captain America,  Daredevil, Wolverine Spider-Man, Iron Man, Doctor Strange, Hulk, Thor, Black Widow, Ant-Man dan tim seperti Avengers, Guardians of the Galaxy, Fantastic Four, dan X-Men, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar karakter ciptaan Marvel beroperasi dalam dunia yang dikenal sebagai Marvel Universe. Belakangan, banyak dari karakter Marvel tersebut yang dibuat ke dalma aksi nyata seperti serial kartun, film, dan permainan video.

Marvel juga memiliki situs wikinya sendiri. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006 dan memuat berbagai informasi dalam jagad Marvel.

Pada tahun 2009, The Walt Disney Company menyatakan sepakat untuk membeli Marvel Entertainment sebesar USD 4 miliar adalam transaksi saham dan uang tunai.

Dengan demikian, perusahaan pencipta Mickey Mouse dan Snow White itu berhak atas karakter komik termasuk “Spider-Man,” “Iron Man” dan “X-Men”. Kesepakatan tersebut akan memberi Disney kepemilikan lebih dari 5.000 karakter tokoh Marvel Entertainment.

IDW Publishing Comics

IDW Publishing Comics

Publisher ini telah menerbitkan komik dengan berbagai genre, tidak hanya bertemakan superhero saja. Penerbit Idea and Design Woks disingkat IDW, telah didirikan tahun 1999 oleh Ted Adams, Robbie Robbins, Alex Garner, dan Kris Oprisko.

IDW memiliki judul komik seperti Ghostbuster, kemudian ada Shaun of The Dead, Transformer, dan masih banyak lagi. Seri komik tradisional pertama perusahaan, 30 Days of Night, dibuat oleh Steve Niles dan Ben Templesmith dan memenangkan penghargaan.

Perusahaan ini kian berkembang. Berbagai kerja sama dengan perusahaan lain pun dilakukan untuk menjaga eksistensi perusahaan ini. Mulai dari Charlie Foxtrot Entertainment, Cartoon Network, Sega hingga Disney.

Image Comic

Image Comic

Perusahaan yang relatif muda ini berdiri pada tahun 1992, Image Comics atau secara singkat biasa dikenal dengan nama Image adalah nama dari perusahaan penerbit komik AS.

Bebasis di negara bagian California ini langsung menyita perhatian publik AS, karena Image Comics di dirikan oleh para penulis dan artist yang bekerja untuk DC dan Marvel seperti Jim Lee, Erik Larsen, Todd McFarlane dan lain – lain.

Image juga terkenal karena dari perusahaan inilah, komik-komik seperti “Spawn”, “Savage Dragon”, “Witchblade”, hingga “The Walking Dead” berasal.

Komik pertama dari Image Comics adalah Youngblood, dan komik terkenal lainnya adalah Spawn, Saga, dan Savage Dragon.

Konflik yang terjadi pada perusahaan Marvel dan DC yakni, kreator dan ilustrator kecewa dengan cara kedua perusahaan tadi memperlakukan para pegawai kreatifnya. Hak cipta dan royalti pun menjadi alasan mereka mendirikan perusahaan sendiri.

Pada dasarnya hak cipta, royalti dan segala hal yang berkaitan dengan komik tersebut akan menjadi milik perusahaan penerbitnya. Sementara para kreator & ilustratornya hanya akan menerima upah sebagai pekerja di bawah sistem kontrak.

Darkhorse Comic

darkhorse comic

Darkhorse comics didirikan pada tahun 1986 oleh Mike Richardson, Darkhorse Comics sterus mengalami penurunan dianding Marvel dan DC Comics. Pada tahun 2000 Darkhorse juga menerbitkan Manga namun berhenti pada tahun 2005.

Publisher Dark Horse merilis sebuah comic dengan tema horror dan thriller, Sebelum lisensi dipegang oleh Marvel, Darkhorse comics menerbitkan komik Star Wars.

Kebanyakan orang mengira bahwa Hellboy merupakan superhero yang berasal dari Marvel. Ternyata tidak, Hellboy merupakan karakter yang berasal dari Dark Horse.

Shonenn

Shonenn

Bagi pecinta komik, tentunya mendengar shonenn sudah tak asing. Weekly Shonen Jump atau lebih umum disebut Wekly Jump adalah majalah mingguan berisi banyak judul maga atau comic papuler.

Shonen adalah kata dalam bahasa Jepang yang biasa digunakan untuk merujuk kepada remaja dan pra-remaja anak laki-laki, yang merupakan demografis utama Shonen Jump,.

Weekly Shonen Jump menerbitkan bab dari setiap manga ditampilkan setiap minggu pada hari tertentu. Banyak dari manga ini sangat populer, dan sering menjadi anime, beberapa bahkan terjadi menjadi besar, serial anime populer, seperti One Piece, Naruto, Bleach, Toriko, Dragon Ball, Yu-Gi-Oh!,dan Rorouni Kenshin.

Reon

reon comics

Publisher di Indonesia juga semakin berkembang. Seperti re:ON Comics, yakni sebuah penerbitan komik termasuk pengembangan konten yang meliputi versi cetak dan online.

RE berarti “kembali” dan ON berarti “menghidupkan”. Dengan demikian, re:ON bermakna untuk menghidupkan kembali komik nasional dengan menitikberatkan pada pengembangan karya komikus lokal sehingga perkomikan Indonesia lebih dikenal luas hingga dunia internasional dan dapat berkesinambungan dalam segala kegiatannya.

Versi cetak berupa kompilasi Komik Berseri yang terbit secara berkala dan versi online adalah penerbitan komik periodik melalui web di mana semua orang dapat membaca dan mengikutinya secara gratis.

Versi online pada dasarnya menyajikan konten yang berbeda dengan versi cetak namun tetap dengan memperhatikan korelasi konten sehingga kedua versi ini justru akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Rancangan dan metode penerbitan re:ON merupakan suatu bentuk penerbitan komik yang baru didesain sesuai dengan trend dan perilaku pembaca di Indonesia saat ini.

Melalui pertimbangan tersebut, maka dibuatkan 2 versi yaitu cetak dan online yang akan saling mendukung dan melengkapi satu sama lainnya sehingga dapat menjangkau pangsa pembaca yang lebih luas.

M&C

M&C

M&C (singkatan dari Magazine & Comics; bahasa Indonesia: Majalah & Komik) adalah sebuah penerbit komik di Indonesia.

Kata magazine dalam m&c dipilih karena saat dibentuk, m&c merupakan unitcomic dari kelompok Gramedia Majalah. Pada awalnya, m&c hanya menerbitkan comic Disney seperti Donal Bebek dan Paman Gober dan komik-komik Hong Kong. Ukuran album-albumnya pun seperti ukuran majalah biasa.

M&C comics kini merupakan unit dari Gramedia Majalah, dan bersaing dengan Elex Media Komputindo yang juga bagian dari Kompas Gramedia dalam penerbitan comic di Indonesia.

Beberapa judul menjadi sangat populer dan cukup legenda, seperti serial comic Nina dari Belanda dan komik kungfu Tiger Wong dari Hong Kong

Dalam perkembangannya, m&c kemudian juga mulai menerbitkan komik-komik Jepang (manga), Hong Kong (manhua), Korea (manhwa), Indonesia, Amerika dan Eropa.

CIAYO Comics

CIAYO Comics

Sebuah platform komik digital dengan berbagai genre mulai dari action, drama, romance, horror, thriller dan comedy yang super keren, yakni CIAYO Comics.

CIAYO Comics memiliki visi untuk menghadirkan komik kualitas terbaik dan mampu menyediakan wahana untuk mendekatkan komikus dengan para pembaca setianya.

Untuk mewujudkan visinya tersebut, CIAYO terus bergerak dan berkembang. Salah satu langkah brilian yang diambil oleh CIAYO Comics adalah dengan melakukan kolaborasi dengan beberapa pelaku Industri Kreatif, khususnya di bidang komik.

Vandaria Saga yang merupakan IP fiksi fantasi terbesar Indonesia karya Ami Raditya secara resmi telah menyatakan kesediaannya untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics.

Webtoon

webtoon

Tak hanya pecinta komik, anak remaja masa kini juga kian menyukai komik. Dengan diluncurkannya sebuah Webtoon oleh negara Korea, semakin memudahkan semua orang untuk membaca komik.

Dikenal sebagai komik daring, Webtoon (bahasa Korea: 웹툰) adalah komik yang awalnya dibuat di Korea Selatan biasa dibaca dalam satu strip panjang (satu halaman website). Pertama kali Daum Communication membuat portal webtoon pada tahun 2003, diikuti oleh Naver pada 2004.

Pada Juli 2014, Naver menerbitkan 520 webtoon dan meluncurkan LINE Webtoon, sementara Daum menerbitkan 434 webtoon. Daum Webtoon dan Naver Webtoon terus merilis jadwal yang ditetapkan dari seniman webtoon berlisensi dan keduanya memungkinkan penggemar webtoon untuk membaca komik baru dan beragam setiap hari secara gratis.

Beberapa webtoon yang populer antara lain The Gamer, Tower of God, Noblesse, Girls of the Wild’s, God of High School, dan Soul Cartel.

Lehzin

Lehzin

Pada November 2014, perusahaan ini memandu lebih dari 400 webtoons dan kartun, membuatnya menjadi penerbit webtoon terbesar Korea Selatan. Heesung Han, seorang blogger Korea, meluncurkan Lezhin Comics pada Juni 2013.

Konten ini dibuat oleh kartunis profesional dan amatir termasuk pemenang Penghargaan Konten Korea 2013, Jinyoung Lee (Yool Lee) dan pemenang Kartun Kartun 2014 Ayoung Yoo.

Pada April 2015, Lezhin Comics meluncurkan layanannya di Jepang. Pertama kali dimulai sebagai situs beta, situs web resmi dibuka pada bulan Juli.

Pada bulan Desember 2015, Lezhin Comics memperluas layanannya untuk mencakup wilayah berbahasa Inggris.

Comic terpopuler

Pecinta komik semakin meluas keberbagai kalangan, ceritanya yang dapat dibayangkan oleh imajinasi diri sendiri membuat  para pembaca bebas untuk mengekspresikan nya.

Tidak hanya itu, setiap scene atau pun seri memiliki kisah tersendiri tergantung pada tema, dan jenis dari komik tersebut.

Dalam beberapa waktu, banyak comic yang terus bertahan karena banyak digemari. Selain ceritanya yang menyenangkan, adapun gambar dan karakter yang dapat menginspirasi.

Berikut adalah beberapa comic yang populer hingga dapat menjadi sebuah live action atau serial anime, diantaranya.

One Piece

komik

Manga atau comic  karya Eiichiro Oda ini menduduki peringkat pertama sebagai comic terpopuler. Semua bermula pada tahun 1997, yakni Eiichiro Oda pertama kali menerbitkan manga One Piece (ワンピース Wan Pīsu) di Shonen Jump terbitan Shueisha Jepang.

One Piece bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy mengarungi lautan, mengumpulkan kru bajak laut pimpinannya sendiri, untuk mengejar harta terbesar bajak laut yang disebut dengan One Piece

Monkey D. Luffy  juga menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

Pada tahun 2014, manga One Piece tercatat dalam Guinness World Record sebagai “Komik dengan jumlah eksemplar cetak terbanyak, yang ditulis oleh satu orang” (the most copies published for the same comic book series by a single author).

Saat mendapatkan penghargaan itu, komik Jepang karya Eiichiro Oda tersebut telah terjual sebanyak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia. One Piece menjadi comic favorit para pembaca mulai dari gambar, karakter, dan cerita humor nya.

Di Indonesia sendiri, manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih.

One piece juga diwujudkan dalam live action, yakni versi TV diproduksi Toei dan telah mencapai 802 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia, serial ini pernah ditayangkan di Global TV.

Dragon Ball

komik

Dragon Ball (ドラゴンボール Doragon Bōru?) adalah sebuah manga dan anime karya Akira Toriyama, yang diterbitkan oleh Weekly Shonen Jump pada tahun 1984 sampai 1995.

Dalam ceritanya, Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya. Apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati.

Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.

Album comic nya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

Semua kalangan menyukai comic ini, selain karena setiap ceritanya yang seru juga banyak mengajarkan nilai-nilai moral pada scene tertentu.

Naruto

komik

Manga Naruto (ナルト)  pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah Shonen Jump, dikarang oleh Masashi Kishimoto.

Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya.

Naruto diadaptasi menjadi serial anime, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex. Disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, seperti Animax dan stasiun televisi lainnya, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang

Di Indonesia sendiri, manga Naruto diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan langsung mendapat sambutan hangat dari pembaca tanah air. Anime Naruto pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Trans TV, yang kemudian ditayangkan lebih lanjut oleh GTV dan sempat ditayangkan di Indosiar

Detective Conan

komik

Sejak tahun 1994 cerita ini dipublikasikan pada majalah Mingguan Shōnen Sunday yang terbit di Jepang dan populer hingga kini. Detektif Conan (名探偵コナン Meitantei Konan), yakni sebuah serial manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gōshō Aoyama.

Cerita Detective Conan bermula ketika seorang detektif remaja bernama Shinichi Kudo yang diserang oleh dua anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan.

Tak sampai di situ, Shinichi pun dipaksa meminum racun yang mengubah ukuran tubuhnya menjadi kecil layaknya anak umur lima tahun.

Shinichi Kudo terpaksa mengubah identitas dirinya menjadi Conan Edogawa dan mencari siapa sebenarnya organisasi misterius yang membuat ukuran tubuhnya mengecil.

Sejak tahun 1994 , Detektif Conan telah diterbitkan secara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sundaymencapai 86 volume tankōbon sampai dengan Desember 2014.

Dalam versi bahasa Indonesia, Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan hingga volume 92 sampai dengan Mei 2018.

Cerita ini kemudian diadaptasi dalam serial animasi TV yang diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation Jepang, dan masih ditayangkan hingga saat ini. Selain serial TV, cerita tentang tokoh detektif ini juga diterbitkan dalam bentuk animasi video asli (OVA), drama TV, spesial TV, film tuturan, permainan video, dan berbagai bentuk barang yang berkaitan dengan tokoh Detektif Conan.

Astro Boy

komik

Manga yang di Jepang dikenal dengan Tetsuwon Atomu ini pertama kali dirilis pada tahun 1952 hingga 1968.Astro Boy disebut-sebut sebagai manga superhero paling populer.

Astro Boy sendiri menceritakan kehidupan Astro Boy, sesosok robot yang diciptakan oleh Doctor Tenma. Doctor Tenma sengaja membuat Astro Boy sebagai pengganti untuk mengenang anaknya bernama Tobio yang telah meninggal dunia karena kecelakaan mobil.

Astro Boy pun menjadi ikon superhero baru yang memiliki sifat rendah hati dan suka menolong walau banyak yang membencinya karena berbentuk robot.

Sampai saat ini manganya sendiri sudah terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

Slam Dunk

komik

Slam Dunk (スラムダンク) muncul pertama kalinya dalam majalah manga Weekly Shonen Jump. Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996.

Slam Dunk adalah sebuah manga sepanjang 31 jilid yang dikarang oleh Takehiko Inoue tentang sebuah tim bola basket dari SMA Shōhoku

Manga ini sangat populer di Jepang – banyak remaja di sana mulai bermain basket setelah membaca komik ini.

Slam Dunk menceritakan petualangan Hanamichi Sakuragi sebagai pemain basket SMA Shohoku. Pada awalnya, motivasi Sakuragi untuk bergabung dengan tim basket tersebut bukan karena ia jago bermain basket, melainkan tekadnya agar dapat meluluhkan hati Akagi Haruko, gadis yang menjadi idamannya.

Siapa sangka, ternyata Hanamichi bertemu Kaede Rukawa, saingan Sakuragi baik dalam hal percintaan maupun di lapangan basket. Ambisinya untuk menjadi pemain terhebat dan membawa klubnya juara pun mulai tertanam sejak saat itu.

Sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

Anime berdurasi 101 episode kemudian diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation dan diikuti oleh 4 film animasi layar lebar.

Slam Dunk merupakan manga terlaris dengan penjualan sebanyak lebih dari 120 juta kopi.

Petualangan Tintin

komik

Siapa yang tak tahu Tintin ? Tokoh ini begitu terkenal. Petualangan Tintin adalah serial komik yang diciptakan oleh Hergé, seorang artis dari Belgia. Hergé adalah pseudonim dari Georges Remi (1907–1983) yang dituliskan menjadi RG (dibaca sebagai Hergé dalam bahasa Perancis).

Tokoh utama dari serial ini adalah seorang wartawan Belgia muda dan pengembara bernama Tintin. Sejak kemunculan nya pertama kali, ia telah ditemani oleh seekor anjing jenis fox terrier yang bernama Milo.

Petualangan dengan elemen fantasi, misteri, politik dan sains fiksi. Kisah Tintin juga selalu menampilkan humor slapstick yang mengomentari tentang politik dan budaya pada suatu negara atau suatu masa.

Dengan keberhasilan serial ini, komik tersebut dikumpulkan menjadi suatu album petualangan (23 secara keseluruhan dan ditambah satu album yang masih berupa sketsa, Tintin dan Alph-Art), yang berhasil dan telah diadaptasi ke dalam bentuk film dan teater.

Komik ini adalah salah satu komik Eropa yang sangat terkenal pada abad ke-20. Sudah lebih dari 200 juta bukunya diterbitkan dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa.

Serial ini pertama kali muncul dalam bahasa Perancis sebagai lampiran bagian anak-anak dari koran Belgia, Le Vingtième Siècle pada tanggal 10 Januari 1929.

Petualangan Tintin sendiri menampilkan beberapa pemain yang saling melengkapi satu sama lainnya. Dari tahun ke tahun, serial ini menjadi bacaan favorit dan bahan kritikan dari para kritikus selama lebih dari 70 tahun.

Arterix Dan Obelix

komik

Cerita ini merupakan karangan dari komikus serta penulis Rene Goscinny dan Albert Uderzo. Komik asal Prancis ini resmi dirilis sejak 1959 dan hingga kini komik Asterix masih tetap dicetak dan didistribusikan.

Dikisahkan, dua sahabat Asterix dan Obelix, terkenal dengan tingkahnya yang lucu. Mereka merupakan tokoh dari suku Galia di pedalaman hutan.

Mereka tinggal dengan banyak masyarakat desa lainnya. Bangsa Galia tidak suka dengan Julius Caesar, raja yang memimpin Roma pada abad ke-50 Sebelum Masehi (SM). Sang raja menjadi musuh besar bagi suku Galia.

Caesar cenderung angkuh dan ingin menguasai semua tanah, termasuk desa tempat Galia bermukim. Asterix dan Obelix merupakan musuh terbesar bagi Caesar.

Keduanya begitu gigih mempertahankan desa tempat mereka tumbuh agar tidak jatuh ke tangan Caesar. Apalagi, raja ingin sekali mengubah hutan-hutan menjadi bangunan dan jalan raya.

Bangsa Galia memiliki satu senjata ampuh, yakni ramuan energi. Menenggak ramuan tersebut, kekuatan mereka menjadi tak tertandingi. Kekuatan ramuan ini membuat pasukan Roma tak berkutik. Tentara Roma selalu kalah saat berhadapan dengan Galia.

Selain mengandalkan ramuan tersebut, Asterix dan Obelix juga menjadi tumpuan harapan Galia. Sebagai prajurit Asterix memang bertubuh mungil, namun otaknya sangat cerdas.

Dari pemikiran Asterix selalu muncul strategi brilian untuk menghadapi tentara Roma. Sementara itu, Obelix memang tidak pintar, tetapi ia memiliki kekuatan super tanpa harus meminum ramuan.

Obelix begitu polos. Kepolosannya sering menjadi alat bagi Caesar untuk memengaruhinya. Obelix juga memiliki hobi makan sehingga membuat badannya seperti raksasa. Obelix pun begitu sayang kepada Asterix. Ia selalu mendengarkan perkataan dan mengikuti ke mana saja Asterix pergi.

Pada 1999 Prancis mengadaptasi komik Asterix menjadi film. Kehadiran film Asterix mendapat sambutan hangat dan mendulang kesuksesan. Saat ini, sudah empat dari 35-an seri komik yang berhasil dibuat dalam versi film sampai 2012 lalu. Komik legendaris tersebut juga pernah dibuat animasi tiga dimensi nya.

Bleach

komik

Bleach (ブリーチ, Burīchi, diromanisasikan sebagai BLEACH di Jepang) adalah serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo (久保帯人 Kubo Taito). Kompilasi manga (Tankōbon) Bleach sudah terjual sebanyak 39 juta kopi di Jepang. Manga ini diserialkan dalam mingguan Shonen Jump.

Bleach menceritakan seorang pelajar SMA, yakniIchigo Kurosakiyang memiliki kemampuan untuk melihat roh, serta Rukia Kuchiki seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari dipertemukan sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut hollow.

Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.

Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan ritual konsou untuk para arwah gentayangan. Dengan ritual ini, para arwah gentayangan menerima pembersihan dan mereka dapat dikirim ke Soul Society (Masyarakat Roh).

Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.

Setelah diterbitkan manga ini, maka serial Bleach mulai diterbitkan sejak tahun 2001, dan sudah diadaptasi menjadi sebuah serial anime, dua buah OVA (Original Video Animation), empat film layar lebar, dua musikal rock, dan beberapa judul permainan video.

One Punch Man

komik

One Punch Man( ワンパンマン Wanpanman)  dibuat oleh seorang penulis yang asal jepang dengan nama samaran ONE yang mulai diterbitkan pada awal tahun 2009.

One Punch Man adalah sebuah serial manga Jepang yang menceritakan seorang superhero yang bernama Saitama.

Berawal dari rasa frustrasinya sulit mencari pekerjaan, Saitama memutuskan untuk berlatih selama kurang lebih 3 tahun agar mampu mewujudkan impiannya menjadi seorang superhero.

Namun ketika mimpinya untuk menjadi seorang super hero, bukan rasa senang dan bahagia yang didapat, melainkan rasa kesal karena kekuatan super yang dimilikinya, sekuat apapun lawan yang dihadapi tak ada satu pun yang mampu bertahan lebih dari satu pukulan saja.

Sama halnya ketika terdaftar di asosiasi superhero, Saitama harus terdaftar sebagai superhero rendahan dan diperingkat paling bawah. Sedangkan Genos, cyborg yang menjadi muridnya, mampu berada mencapai ranking teratas dan masuk level elit superhero.

Serial ini segera menjadi viral sehingga mampu melampaui 7,9 juta hits pada bulan Juni 2012. One-Punch Man merupakan kontraksi wanpanchi (“One-Punch “) yang artinya satu pukulan.

Bab-bab tersebut dikumpulkan secara berkala dan dicetak ke dalam volume tankōbon, dengan dua belas dirilis pada tanggal 2 Desember 2016.

Death Note

komik

Death Note, di Indonesia juga dikenal dengan judul Dunia Dewa Kematian, adalah judul sebuah manga Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan ilustrasi oleh Takeshi Obata.

Manga ini menceritakan tentang Light Yagami, seorang siswa genius yang secara kebetulan menemukan Death Note milik shinigami (dewa kematian).

Direalisasikan di majalah Shonen Jump dari Januari 2004 hingga Mei 2006 dengan total 108 bab. Versi tankoubonnya terbit sebanyak 12 jilid dan 1 jilid spesial yang berjudul How to Read 13 yang berisi tentang penjelasan dan profil tentang Death Note.

Kapten Tsubasa

komik

Kapten Tsubasa (キャプテン翼 Kyaputen Tsubasa?) adalah manga dan anime tentang sepak bola karya Yoichi Takahashi.Manga ‘Captain Tsubasa’ yang terdiri dari 37 volume pertama kali terbit di majalah mingguan Shonen Jump mulai 1981 sampai 1988.

Menceritakan seorang anak SD bernama Tsubasa yang baru saja pindah dari kota lain ke Nankatsu. Dia ingin bermain sepak bola dan menjadi pemain terbaik.

 Ketika masuk ke sekolah barunya, dia langsung masuk ke klub sepak bola di sekolah itu. Kapten klub itu adalah Ishizaki. Mereka lalu berlatih di lapangan, tetapi diganggu oleh klub lain yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi.

Mereka lalu bertanding, bila Nankatsu bisa membuat gol satu saja, maka mereka diizinkan memakai lapangan untuk berlatih. Awalnya, Nankatsu selalu kebobolan dan bermain setengah lapangan. Ketika salah satu pemainnya cedera, Tsubasa didaulat menjadi bek.

Dia menjalankan tugasnya dengan baik. Ketika pertandingan hampir selesai, tanpa diduga Tsubasa berhasil mendapatkan bola dan menceploskannya ke dalam gawang.

Sesuai perjanjian, Wakabayashi tidak akan mengganggu mereka lagi. Maka dimulailah petualangan Tsubasa menjadi yang terbaik di dunia.

Komik ini pun menjadi manga yang sudah diterjemahkan ke lebih dari 20 negara. Secara keseluruhan, manga ‘Captain Tsubasa’ sudah ada sampai 100 volume dan dicetak 70 juta kopi.

Crayon Shincan

komik

Crayon Shin-chan(クレヨンしんちゃん Kureyon Shin-chan) adalah serial mangadan animekarya Yoshito Usui. Crayon Shin-chan pertama muncul pada tahun 1990secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha.

Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanakyang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang disekitar nya.

Crayon Shin-chan mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April1992. Sedangkan di Indonesia, komik Shin-chan versi bahasa Indonesia diterbitkan oleh Indorestu Pacific dan Elex Media Komputindo.

Lalu, serial ini pertama kali ditayangkan di RCTIpada tahun 2000. Dan kini sudah tidak disiarkan lagi di Indonesia

Humor dalam seri ini berasal dari tingkah laku Shin-chan yang janggal. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shin-chan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *